Wisata Bernuansa Alam di Jakarta

Salah satu hal yang jarang ditemukan di Jakarta adalah tempat wisata bernuansa alam. Hal ini kerap dibutuhkan masyarakat ibu kota untuk menyegarkan jiwa dan raga setelah penat menjalani aktivitas di hari kerja.

Tenang, perburuan kamu mencari kesegaran alam di Jakarta dan sekitarnya sudah berakhir sekarang. Kamu bisa mengunjungi tempat wisata bernuansa alam di Jakarta sambil menghirup udara segar. jadi kamu tidak perlu lagi memaksakan untuk wisata ke Jogja, Bandung, atau Bali.

1. Taman Suropati

Bersembunyi di kawasan elite Menteng, taman satu ini tampak asri dengan pepohonan dan begitu rapi karena berlantai paving block. Keindahan taman ini juga bertambah dengan banyak karya seni patung dari negara anggota PBB di Asia Tenggara. Saat siang dan sore hari, taman ini menjadi tempat bersantai penduduk ibu kota. Rata-rata pengunjung ke sini untuk bersantai, berfoto, atau berkuliner di pinggir jalan taman ini. Jika datang pada malam hari atau di akhir pekan, kamu bisa menikmati musik dari seniman yang kerap datang menghibur para pengunjung.

2. Hutan Kota Srengseng

Hutan yang berada di Jalan Haji Kelik ini merupakan “paru-paru kota” Jakarta Barat. Hutan Kota Srengseng memiliki lebih dari 4.000 pohon rindang dari sekitar 60 varietas. Di dalamnya, ada pula kawasan bermain anak, trek jogging, danau, dan pujasera sederhana. Danau di sini bisa digunakan untuk memancing ikan, sehingga cocok dijadikan tempat liburan singkat bersama keluarga. Sebagai sebuah hutan kota, tersedia cukup banyak fasilitas umum memadai, seperti lahan parkir, musala, dan toilet.

3. Hutan Mangrove PIK

Di tengah popularitas sebagai kawasan perumahan mewah, Pantai Indah Kapuk (PIK) ternyata menyimpan harta berupa tempat wisata alam bernama Hutan Mangrove. Hutan bakau tersebut berada di kawasan Taman Wisata Alam Angke Kapuk dan dikelola oleh Pemprov Jakarta. Sebagai sebuah destinasi ekowisata, Hutan Mangrove menyajikan lahan konservasi yang lengkap dengan fasilitas rekreasi.

4. Setu Babakan

Destinasi yang terletak di Jagakarsa, Jakarta Selatan ini merupakan perkampungan Betawi yang sudah resmi menjadi pusat pelestarian budaya asli Jakarta. Di sini, terdapat juga danau luas yang cantik sebagai tempat hidupnya berbagai tanaman buah dan sayur. Danau ini dinamakan Setu Babakan. Selain dapat menikmati keunikan budaya asli Betawi, pengunjung Setu Babakan juga bisa merasakan kesegaran alam dengan menaiki perahu angsa berkeliling danau. Sambil menikmati alam, pastikan kamu juga mencicipi beragam kuliner khas Betawi di sini.

5. Museum di Tengah Kebun

Di Jl. Kemang Timur Raya, terdapat sebuah museum benda antik yang memiliki kebun hijau di bagian tengah bangunan. Memiliki lahan yang luas, taman hijau ini bisa langsung terlihat saat kamu masuk ke museum. Sambil melihat benda seni dan barang antik dari pelosok nusantara, Jepang, Eropa, dan China, kamu pun bisa bersantai di kebun hijau. Untuk berkunjung ke sini, kamu harus melakukan reservasi ke pihak museum dari jauh-jauh hari. Selain itu, kamu pun diharuskan membawa 7-10 orang dalam sekali kunjungan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *